Ahmad Bajuri: 'Maknai HUT Bhayangkara ke-75, Polri Bantu Masyarakat yang Resah karena Butuh Vaksinasi'

 


GARUT, NEWSLETTERJABAR.COM-- Pada 1 Juli setiap tahunnya selalu diperingati oleh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai HUT Bhayangkara. Peringatan itu sendiri bagi pihak Polri sebagai refleksi soliditas dan pengabdian, sekaligus sebagai review dari semua kiprah pengabdian yang telah dilaksanakan bagi Bangsa dan Negara. Disesuaikan dengan kondisi yang sedang berlangsung, pada peringatan HUT Bhayangkara ke-75 kali ini Polri mengangkat tema Transformasi Polri yang Presisi Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia Maju.


Demikian diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Garut, Ahmad Bajuri, S.E, M.M dalam sebuah keterangan tertulis yang diterima redaksiredaksi sehari menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-75. Rabu (30/06/2021)


Dikatan Bajuri, memasuki usia tiga per empat abad atau 75 tahun sekarang ini, selain melakukan Kamtibmas, Polri juga berada di garis terdepan dalam rangka memutus mata rantai Covid-19.


"Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak dua tahun lebih ini memberikan banyak tantangan bagi polisi. Polri selain sebagai penjaga Kamtibmas, dengan adanya pandemi ini, juga harus selalu berada di garis depan untuk berhadapan dengan pihak-pihak yang terpapar Covid-19," ujar Bajuri.


"Hal itu dilakukan Polri dengan terus melakukan sinergitas dengan pihak Satgas Covid-19 untuk melaksanakan kebijakan pemerintah soal penanganan Covid-19," sambung Bajuri.


Dituturkan Bajuri, selama ini pihak Polri terus berupaya mendisiplinkan protokol kesehatan; mencegah adanya kerumunan masyarakat; juga memastikan keamanan pemulasaraan jenazah pasien Covid-19 agar tak ditolak masyarakat, termasuk menghadapi kasus pengambilan paksa jenazah.


"Semua itu menjadi tanggung jawab Polri di tengah pandemi," kata Bajuri.


Dipaparkan Bajuri, peran Polri sangat penting dalam rangka mengantisipasi pandemi Covid-19 yang melanda bangsa Indonesia.


"Kami sangat mengapresiasi
langkah-langkah Polri, juga dengan pelaksanaan pembuka vaksinasi massal pada peringatan HUT Bhayangkara ini," kata Bajuri.


Kegiatan vaksinasi massal tersebut, jelas Bajuri, memberi kepastian waktu dan tempat bagi masyarakat yang hendak divaksin.


"Pihak Polri telah memberikan kejelasan bagi masyarakat yang merasa kebingungan kapan jadwal dan dimana harus divaksin," tandas Bajuri. 


Dijelaskan Bajuri yang juga dosen di STIE Yasa Anggana Garut tersebut, khusus di Kabupaten Garut, langkah jemput bola Kapolres Garut dalam memberikan informasi buat masyarakat yang mau vaksin membuat masyarakat merasa terbantu.


"Adanya kegiatan yang dilaksanakan Kapolres beserta jajaran Polsek di Kabupaten Garut dalam memfasilitasi masyarakat yang mau vaksin benar-benar sangat membantu masyarakat serta sangat berguna dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang kini sedang mengganas, termasuk di Kabupaten Garut," papar Bajuri.


"Selamat dan senantiasa sukses bagi jajaran Polri sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Kami sampaikan juga apresiasi secara khusus bagi Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, beserta segenap jajaran. Semoga senantiasa berada dalam kelancaran dalam menjalankan segala aktivitas mengemban tugas," sambung Bajuri memungkas. (tim redaksi)