Deden Sopian: 'Memperjuangkan RAL Menjadi Pahlawan Wujud Kebanggaan dan Terimakasih'

 


GARUT, NEWSLETTERJABAR.COM-- Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Garut, Deden Sopian, S.H.I, turut mendukung pengusulan RA Lasminingrat agar dinobatkan menjadi Pahlawan Nasional.


Disampaikan Deden, bagi dirinya, setiap berlangsungnya peringatan hari-hari nasional, seperti Hari Ibu, Hari Pendidikan Nasional, bahkan Hari Kartini termasuk peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) selalu mengingatkan akan eksistensi seorang RA Lasminingrat.


"Secara pribadi, di momentum penting nasional saya selalu teringat akan kiprah RA Lasminingrat dalam perjuangan menduniakan pendidikan, khususnya bagi kaum wanita sebagaimana halnya RA Kartini," ungkap Deden Sopian.


Ditambahkan Deden, menjelang
HUT RI ke 75 tahun, tentunya segenap Bangsa Indonesia akan mengingat rasa kegembiraan saat Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 diikrarkan.


"Kita akan teringat kegembiraan saat menyatakan kemerdekaan
RI tahun 1945," ujar Deden.


Sejauh itu, lanjut dia, akan sangat naif bila kita melupakan pengorbanan perjuangan para pejuangnya.


"Untuk warga Garut termasuk saya yang sekarang ada di keanggotaan DPRD Kabupaten Garut, tentunya sangat
menghormati hasil jerih payah para pejuang, termasuk sangat menghormati RA Lasminingrat yang telah berjuang secara nyata dalam dunia pendidikan," tutur Deden Sopian.


Sebagai warga Garut, sudah sepatutnya merasa bangga punya pejuang wanita yang sangat gigih dalam upaya mencerdaskan bangsa melalui pendidikan saat dalam kungkungan penjajah Belanda.


Terkait itu, Deden Sopian mengajak segenap warga Garut khususnya, untuk secara bersama-sama turut mendukung serta memperjuangkan RA Lasminingrat dinobatkan pihak Pemerintah Pusat menjadi Pahlawan Nasional.


"Mari kita warga Garut untuk bersama sama memperjuangkan RA Lasminingrat agar masuk dalam pengakuan pemerintah sebagai pahlawan nasional," imbau Deden.


Disebutkan Deden, hanya dengan cara mendukung serta memperjuangkan menjadi pahlawan itulah rasa terima kasih yang bisa dipersembahkan kepada RA Lasminingrat.


"Selain sebagai bentuk penyampaian terimakasih, senjatanya kita layak mewujudkan rasa kebanggaan terhadap RA Lasminingrat karena beliau merupakan salah seorang putra terbaik yang berasal dari Kabupaten Garut," tandas Dedes Sopian memungkas. (timred)